Bagikan artikel ini di FacebookBagikan artikel ini di TwitterBagikan artikel ini di LinkedinBagikan artikel ini di RedditBagikan artikel ini di PinterestExpert Author Dr. Jim Anderson
Sebagai manajer produk yang hidup dan bekerja di abad ke-21, kita semua tahu tentang pentingnya media sosial. Banyak dari kita mungkin telah menambahkan keterampilan ini ke resume manajer produk kita. Namun, menemukan dengan tepat bagaimana memanfaatkan alat-alat baru ini sebaik mungkin yang memungkinkan kami untuk berhubungan dengan pelanggan kami masih merupakan sesuatu yang kami semua perjuangkan. Yang kita butuhkan adalah beberapa panduan ahli tentang alat media sosial mana yang harus kita gunakan dan bagaimana cara menggunakannya.

Twitter

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan cara membuat link instagram di bio Manajer Produk adalah mereka berpikir bahwa media sosial adalah tentang distribusi. Kami melihatnya sebagai cara untuk memberi tahu dunia tentang definisi pengembangan produk kami. Kami akhirnya menempatkan cerita yang sama di setiap alat media sosial. Namun, setiap alat berbeda dan masing-masing mengharuskan Anda untuk menceritakan kisah Anda dengan cara yang berbeda.

Twitter adalah tentang mendapatkan perhatian orang. Jika mereka sudah mengikuti Anda, maka tweet yang Anda kirimkan tentang versi berikutnya dari produk Anda atau pelanggan baru yang baru saja Anda daftarkan akan dibaca. Namun, bagaimana dengan orang lain?

Ternyata Twitter itu semua tentang hashtags (#prodmgmt) . Yang perlu Anda lakukan adalah melihat tagar apa yang sedang tren saat Anda membuat tweet. Setelah Anda mengetahui hal ini, buat tweet Anda relevan dengan tagar ini, sertakan tagar di tweet Anda, dan ajukan tweet Anda sebagai pertanyaan yang akan membuat pembaca Anda berhenti dan berpikir sejenak. Jika Anda melakukan semua ini dengan benar, maka pembaca Anda akan berubah menjadi pengikut dan begitulah cara Anda menyebarkan berita tentang produk Anda.

Facebook

Postingan Facebook adalah semua tentang gambar yang Anda sertakan. Orang yang melihat postingan Anda akan melihat banyak postingan lain secara bersamaan. Anda harus meluangkan waktu untuk menghasilkan gambar yang akan menarik perhatian mereka dan membuat mereka cukup tertarik untuk memperlambat dan membaca salinan Anda.

Apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memberi mereka informasi yang tepat yang perlu mereka ketahui. Ketika orang-orang berbelanja produk Anda, fitur apa yang mereka gunakan untuk membandingkan produk Anda dengan yang lain? Sebutkan fitur-fitur ini untuk membantu calon pelanggan Anda mengevaluasi produk Anda.

Di Facebook tidak apa-apa untuk melakukan penjualan. Sertakan tautan yang memiliki kata “beli sekarang” sebelumnya. Di Facebook, jika Anda ingin seseorang melakukan sesuatu, Anda harus memberi tahu mereka untuk melakukannya.

Instagram

Instagram adalah tentang Anda yang bertindak sebagai manajer produk manusia. Instagram sangat, sangat pribadi. Ini adalah cara untuk menangkap momen-momen kehidupan nyata. Instagram juga semua tentang gambar – gambar kehidupan nyata. Orang-orang yang melihat Instagram Anda ingin mengetahui jawaban atas pertanyaan seperti “di mana Anda?” atau “apa yang kamu lihat?”.

Gambar yang Anda posting di Instagram tidak harus sehalus gambar yang Anda posting di Facebook. Ini adalah gambar yang terlihat seperti Anda mengambilnya dengan kamera ponsel Anda – karena Anda melakukannya!

Instagram tidak mengizinkan Anda menyertakan tautan dengan foto Anda. Satu-satunya tempat di mana Anda dapat memiliki tautan adalah di bio Instagram Anda. Buat foto Anda cukup menarik sehingga orang-orang akan melihat bio Anda dan dari sana mereka mencari tahu lebih banyak tentang produk Anda.

Pinterest

Orang-orang menggunakan Pinterest untuk mencari impian mereka atau untuk mengetahui bagaimana melakukan sesuatu (utilitas) . Anda perlu memastikan bahwa posting Anda mendukung salah satu atau kedua cita-cita ini.

Saat Anda menggunakan Pinterest, Anda harus ingat bahwa Anda tidak hanya mencoba menjual produk Anda. Alih-alih, Anda mencoba mendidik pelanggan Anda tentang bagaimana mereka dapat memecahkan masalah yang dibuat oleh produk Anda untuk membantu mereka memecahkannya. Berikan konteks pelanggan potensial Anda dan beri tahu mereka tentang segala hal yang ingin mereka ketahui tentang produk Anda.

Di Pinterest Anda dapat menggunakan lebih banyak teks untuk membicarakan produk Anda. Ingat, orang-orang datang ke Pinterest saat mereka siap untuk membeli sesuatu sehingga mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat apa yang Anda posting. Mereka juga akan melihatnya dengan pandangan kritis, jadi pastikan Anda meluangkan waktu untuk menulis dengan jelas!

Apa Arti Semua Ini Bagi Anda

Agar produk Anda berhasil, sebagai manajer produk, Anda perlu memulai dialog dengan pelanggan potensial Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan alat media sosial saat ini untuk terhubung dengan pelanggan potensial Anda dan memberi tahu mereka tentang produk Anda. Kemampuan ini harus menjadi bagian dari setiap deskripsi pekerjaan manajer produk.

Menentukan alat media sosial mana yang akan digunakan adalah langkah pertama. Para ahli menyarankan Anda untuk fokus pada Twitter, Facebook, Instagram, dan Pinterest. Untuk masing-masing alat ini, Anda harus memahami apa audiensnya